Cara Pasang Google Analitics di Blogspot

Posting Komentar

Powerful Tools untuk Blogger

By. Tpj  



Assalamualaikum sobat mikir sekalian gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga aamiin

Sobat mikir, beberapa waktu lalu Cak Min dapat tugas nih dari grup belajar ngeblog. Salah satunya kita harus menginstal Google analytics. Kepo dong cak Min, apa sih fungsi Google analitics dan kenapa harus diinstal di blog kita? Toh di dalam dashboard kita sudah ada tab statistik yang menunjukkan angka-angka untuk mengetahui traffic blog kita.

Data yang muncul di Google Analytics

Ternyata bener aja sob, banyak banget lho manfaatnya. Berikut manfaat dari kalau kita memasang Google analytics yang tidak bisa dijangkau oleh statistik yang ada dalam dashboard blogger

1.      Audience Overview Report

Dalam tabel ini ternyata banyak banget yang bisa kita dapatkan informasi tentang traffic umum pada blog kita seperti :

·         Sessions : Jumlah visitor yang mengunjungi halaman web kita. Setiap visitor yang berkunjung akan dihitung sebagai 1 sessions. Namun jika visitor tidak melakukan aktivitas apapun di dalam web kemudian mengaskses web kita setelah 30 menit maka akan terhitung sebagai 2 sessions

·         Users : Visitor yang pernah berkunjung ke halaman web

·         Pageviews : total halaman yang dilihat oleh visitor

·         Page per Session: Jumlah halaman yang terbuka dalam setiap kunjungan

·         Avg. Session Duration : Berisi informasi lamanya waktu yang digunakan visitor ketika mengunjungi web kita.

·         Bounce Rate : Persentase visitor meninggalkan halaman web kita setelah membuka satu halaman saja. Sebagai contoh, vistor hanya membuka halaman utama tanpa melihat halaman lain. Semakin kecil persentase bounce rate maka akan semakin baik halaman web tersebut

·         % New Sessions : Persentase pengunjung baru di halaman web kita

 

2.      Audience Report

Dari report ini, kita akan mendapat berbagai informasi mengenai visitor web kita. Laporan akan disediakan dalam bentuk yang terperinci mulai dari info demografi, minat, lokasi, serta bahasa yang digunakan oleh visitor. Selain itu, kita juga dapat mengetahui seberapa sering visitor mengunjungi web kita, serta jenis teknologi yang mereka gunakan untuk membuka halaman web.

 

3.      Acquisition Reports

Hasil Acquisition Reports akan memberitahu faktor-faktor apa yang mendorong visitor membuka halaman web.

 

4.      Behaviour Reports

Berisi informasi mengenai content yang banyak disukai oleh visitor web. Menu ini juga akan memberikan informasi seberapa cepat waktu yang dibutuhkan untuk membuka beban halaman web Anda.

 

5.      Conversions

Jika sebelumnya Anda telah menentukan target di dalam Google Analytics,maka Anda dapat melihat jumlah konversi yang diterima.

Nah Kelihatan banget kan kalau informasi yang ditampilkan Google analytics jauh lebih banyak daripada statistik yang ada pada dashboard blogger. Dimana statistik yang ditunjukkan pada dashboard hanya menampilkan jumlah view dari kunjungan blog kita dan dipecah pada jumlah view per artikel dari keseluruhan blog kita. Sehingga dari sini bisa kita simpulkan bahwa ketika kita memasang Google analytics jauh lebih powerful, karena lebih banyak data yang akan bisa kita manfaatkan untuk perkembangan blog kita ke depannya.

Memasang Google Analytics di Blogger

Setelah mengetahui betapa bermanfaatnya Google analytic ini lalu pertanyaan berikutnya gimana ya caranya untuk memasang Google analytic di bloger kita ternyata kalau secara umum hanya dibagi tiga langkah yang pertama membuat akun Google analytic bagi yang belum punya yang kedua membuat alat untuk merekam data dari sebuah blog atau web dan yang terakhir memasang alat tersebut pada blog kita

1.      Daftar akun

Pertama buka situs Google Analytics dan klik “Sign in to Analytics”. Kemudian pada tampilan halaman web Analytics klik tombol “Mulai mengukur”.

 


    1. Detail akun = Buat Nama Akun Baru Anda (wajib diisi)
    2. Setelan Berbagi = Centang semua.
    3. Klik Berikutnya

 

2.      Membuat property

Setelah menyelesaikan opsi penyiapan akun, sekarang kita akan diarahkan ke penyiapan properti. Pada halaman penyiapan properti terdapat form detail properti yang harus Anda isi sebagai berikut:



  1. Pastikan kolom Nama Properti diisi
  2. Sesuaikan Zona waktu (Indonesia + Waktu Indonesia yang sesuai dengan wilayah anda)
  3. Jangan lupa sesuaikan juga mata uang
  4. Klik centang pada Universal Analitics
  5. Isi URL situs yang akan kita pantau
  6. Centang bagian atas untuk mengaktifkan UA & GA4
  7. Terakhir, klik tombol berikutnya

3.      Pasang Google analytics di Blogger

Karena Akun dan Properti sudah siap, selanjutnya kita bisa mempersiapkan aliran data yang akan kita rekam dari website yang kita kelola dengan cara sebagai berikut:

a.       Siapkan aliran data

Pada kolom property, pastikan kita telah memilih property versi UA, dengan cara klik tanda panah bawah, lalu klik yang memiliki simbol UA-


b.      Salin kode tag


Jika sudah masuk property UA, selanjutnya klik Kode Pelacakan yang terdapat       pada baris Info Pelacakan.   
Klik pada kotak pada Tag Situs Global (biasanya akan select all) dan tekan CTRL + C untuk menyalin kode yang ada 

c.       Pasang kode tag analytics di dashboard blogger



  • Selanjutnya, kita kembali ke dashboard blogspot kita, lalu tekan Tema/Theme
  • Klik tombol panah bawah
  • Klik Edit HTML


  • Cari kode <head> lalu klik enter
  • Setelah itu tekan CTRL + V atau paste kode yang sudah kita copy sebelumnya
  • Setelah itu, jangan lupa tekan tombol save 
  • Sekarang bisa klik tombol tanda panah kanan untuk kembali

Selamat sekarang blog kita sudah terpasang Google Analitics. Gimana? Mudah kan sob?

Terakhir, setelah semua terpasang tinggal kita coba untuk tes apakah berfungsi atau tidak dengan cara kita buka blog yang kita kelola, semisal tpjminds.my.id Nah otomatis kita akan melihat halaman depan blog kita.



Lalu kita balik lagi ke dashboard Google analytics, dari situ bisa kita lihat di sana sudah ada satu view yang berarti Google analytic sudah mulai merekam data yang sudah terpasang pada blog kita. Kedepan, jika data yang terkumpul semakin banyak, kita tinggal melihat indikator-indikator ini dan menentukan apa sih konten yang paling diminati sehingga kita bisa membuat konten-konten yang meningkatkan kualitas blog yang kita kelola sob.

Penutup

Sekian konten tentang cara memasang Google Analitics dari cakmin, ternyata Google Analitics ini adalah tool yang sangat powerfull ya? Seperti Dashboard sebuah pesawat yang akan memberitahu tentang segala sesuatu yang kita butuhkan dalam menjalankan sebuah blog.

Tak kalah penting, ternyata untuk memasangnya juga sangatlah mudah. Tapi jika sobat mikir butuh versi video step by step-nya silahkan komen dibawah ya sob. Semoga cakmin juga bisa membuat konten tentang hal tersebut.

Terima kasih atas kunjungannya sob, semoga informasi yang cakmin bagi ini bermanfaat dan have a nice day


Related Posts

Posting Komentar