Whatsapp Link Generator

Posting Komentar

Senjata Canggih Internet Marketing

By. TPj



Sobat mikir, pernahkah kalian menjumpai bertemu dengan sebuah Link yang ketika diklik lari ke nomor WhatsApp seseorang, sehingga kita bisa langsung melakukan komunikasi antara kita dengan pihak tertentu, biasanya pemasar.

Biasanya ada yang kosongan tanpa teks atau juga kadang sudah ada teks dan kita tinggal kirim pesan. Nah, link ini yang dinamakan dengan API WhatsApp. API sendiri merupakan singkatan dari Application Programming Interface, yaitu aplikasi yang memungkinkan developer mengintegrasikan aplikasi lain sekaligus. Sebuah Link yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk dapat terhubung dengan Whatsapp seseorang dengan atau tanpa teks.

Digunakan Sebagai Call To Action (CTA)

Umumnya marketer atau pihak pemasaran menggunakan link ini sebagai tools call to action (CTA),  harapannya ketika si target pasar telah membaca penawaran-penawaran yang sebelumnya diberikan kepadanya untuk mengambil tindakan akhir dengan cara menghubungi pihak pemasar untuk melakukan pembelian atau meminta info lebih lanjut.

Umumnya tombol call to action ini dipasang di sebuah landing page atau halaman web untuk media promosi, tapi tidak menutup kemungkinan Link Whatsapp ini atau CTA bisa dipasang di sosial media seperti Facebook Instagram WhatsApp dan lain sebagainya tergantung kreativitas dan target dari si pemasar.

Secara umum link WhatsApp seringnya digunakan untuk mempermudah calon pembeli atau target pasar untuk berkomunikasi dengan pemasar. Namun untuk tujuan yang lebih tinggi bisa digunakan untuk mengetahui sumber informasi yang dia dapat bisa dari Facebook Instagram atau landing page.

Kita juga bisa mengetahui paket Apa yang hendak dia pilih atau kita juga bisa menyediakan variabel yang kita inginkan untuk mereka isi sebelum mengirim pesan kepada kita misalkan kita menulis [nama:   ] sebelum teks lainnya, yang harapannya target pasar menuliskan namanya setelah [nama:]

Memang ini sebuah pilihan, di mana kadang dari landing page call to action itu masuk ke halaman keranjang ataupun check out seperti layaknya kita melakukan proses pemesanan barang di marketplace. Tapi ada juga pemasar yang ingin menyimpan nomor dari pelanggan kita agar bisa ditargeting ulang kedepannya (re-targeting) dengan mengirim mereka kepada nomor whatsApp yang kita inginkan.

Mudah dalam Pembuatan

Dengan tujuan dan fungsi link WhatsApp yang sebegitu powerful-nya, beberapa dari kita menginginkan fitur tersebut tapi kita terkendala bingung bagaimana sih cara membuatnya. Karena tidak semudah kita mengetikkan teks-teks ketika melakukan chat ternyata ada kode-kode khusus pengganti spasi dan juga pengganti enter.

Namun sobat mikir tidak usah khawatir, karena sobat Cakmin ada yang sudah membuat Mini tool atau mini program untuk membuat link WhatsApp yang kita inginkan.

Cara menggunakan tool ini cukup mudah karena kita cukup mengisi data-data yang dibutuhkan:

  1. Pertama kita masuk ke link WhatsApp Generator Tools dengan masuk halaman berikut. Klik di sini

    Tampilannya akan seperti ini

  2. Ketika sudah masuk ke laman tersebut butuh memasukkan nomor yang akan dituju oleh Link. 
    Jangan lupa ganti angka 0 di depan menjadi kode negara (+62)

  3. Berikutnya, kita mengisi teks yang ingin dimasukkan. 
    Kamu bisa isi teks sesuai kebutuhan dan kreativitasmu 

  4. Setelah semua beres, kita tinggal menekan tombol generate dan
    Klik tombol ini

  5. Link whatsapp sudah siap disalin dan digunakan pada media promosi yang kita butuhkan. 
    Select & copy link yang sudah jadi di kolom result

Gimana, mudah bukan? Dengan tools ini, kita tidak perlu lagi ribet-ribet dalam membuat link WhatsApp yang kita butuhkan. 

Link yang Terlalu Panjang 

Perlu menjadi catatan, bahwa semakin banyak teks chat yang kita butuhkan juga akan semakin panjang juga Link yang akan terbuat. Sehingga ketika kita menggunakan hyperlink (memasukkan link pada kata atau gambar tertentu), hal ini tidak akan masalah, karena Link yang panjang tersebut akan diwakili oleh beberapa kata saja atau juga kita bisa menyisipkan pada tombol image tertentu yang digunakan sebagai tombol call to action.

Namun sobat mikir tidak perlu khawatir, karena dengan sedikit kreativitas, kita main dapat memendekkan link tersebut dengan tools  seperti goo.gl bit.ly dan berbagai jenis shorter tool lainnya yang bisa kita gunakan untuk memperpendek link yang panjang sebelumnya, bahkan ada yang bisa custom nama link yang diinginkan.

Contoh Penggunaan

Berikut Cakmin lampirkan beberapa contoh penggunaan hyperlink yang sudah cakmin buat dari WhatsApp Generator tools, baik berupa hyperlink teks button atau image tombol, juga berupa Link yang sudah diperpendek.

·       Hyperlink Text

·       Hyperlink Image


·       Hyperlink + Shorter


Seringnya link diberi tiga baris dengan harapan link terlihat lebih mencolok, dan mudah untuk di klik. 

Begitulah pengertian, fungsi dan cara membuat link WhatsApp yang dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi sobat mikir sekalian. Have a nice day.

Related Posts

Posting Komentar