Kamu susah berubah? Sudah lakukan ini belum?

Posting Komentar

 

Ngonten sebagai Tabungan Surga

By. TPj

Assalamualaikum sobat mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga. Aamiin

Sobat mikir pernah punya kebiasaan baik, tapi sekarang sudah ga pernah lagi dilakukan? Misalnya dulu kita rajin olahraga, eh karena satu atau alasan lain akhirnya kita berhenti dan males banget untuk mulai lagi.

Atau dulu rajin banget baca buku, sekarang udah engga lagi. Nah, cakmin juga sama nih. Dulu sempat aktif buat nulis di blog atau ngonten. Tapi sekarang hilang kebisaan itu tak tahu entah kemana. Bahkan saking lamanya ga nulis, sampe muncul sarang laba-laba.

Memulai Perubahan

Nah, ada yang sama kaya cakmin? Pengen banget mengulang punya kebiasaan baik, atau ada kamu yang pengen punya kebiasaan baik baru? Yuk kita cari tahu bersama.

Menurut beberapa tokoh motivator terkenal, seperti pak Tung Desem Waringin, kang Dewa Eka Prayoga, dan bahkan pernah juga dibahas di salah satu materi ODOP. Seringkali kalau kita mau berubah kita tidak bukan karena tidak tahu caranya (how), tetapi justru kita yang belum jawab pertanyaan fundamental kenapa kita harus berubah (why).

Kenapa sih kita harus melakukan itu? Kenapa kita harus merubah kebisaan kita yang kata orang udah jadi zona nyaman. Kita harus bisa jawab hal ini, karena pertanyaan mendasar ini belum terjawab, kita akan kekurangan tenaga dalam proses perubahan nantinya. Bahwa Ketika kita berubah maka kita akan meninggalkan zona nyaman yang selama ini kita rasakan, berubah itu tidak nyaman, menyakitkan bahkan bisa jadi berdarah-darah.

Strong Big Why


Kalau pak Tung bilang, BIG WHY itu baru bener jika kita menemukan alasan yang benar membuat kita merasa eman banget untuk tidak memulai hari ini dan saat ini juga. Jadi kalua belum ketemu dengan rasa eman itu, berarti sepertinya kita belum menemukan STRONG BIG WHY ini.

Dan untuk menjawab hal ini, pak tung bilang terdapat dua pendekatan, yaitu kebahagiaan dan kesengsaraan. Dimana kita harus dapat benar-benar tergambar betul kebahagiaan yang akan kita dapatkan ketika kita mampu berubah, bahkan kalau bisa sampai terasa oleh indera kita. Pun sebaliknya, juga kita harus punya alasan tentang kesengsaraan yang akan kita dapatkan jika apa yang kita inginkan tidak tercapai.

Oleh karenanya, cakmin untuk memulai untuk konsisten ngonten lagi berikut cakmin buat STRONG BIG WHY dalam

A.     Tabungan Surga

Tahukah sobat mikir, kalau semakin kita banyak bermanfaat bagi orang lain, semakin besar pula nilai amalan baik dari perbuatan kita. Paling tidak inilah yang cakmin Yakini.

Cakmin orang Islam, dan yang cakmin pahami adalah Islam merupakan agama Rahmatan Lil Alamin, rahmat bagi seluruh alam semesta. Sehingga kita sebagai umat idealnya juga memberikan rahmat sebesar-besarnya kepada seluruh alam.

Banyak loh bentuk cara memberi rahmat, bisa berupa waktu, dana, tenaga, ilmu juga gabungan dari variabel di atas. Secara kualitas dan kuantitas-pun bisa beragam. Namun apapun itu, semakin besar manfaatnya bagi masyarakat cakmin mempercayai bahwa semakin besar nilai amalannya.

Sehingga ketika kita mampu memproduksi konten yang bermanfaat bagi orang lain, dan lebih-lebih bisa viral, otomatis akan meningkatkan peluang kita untuk mendapatkan tiket surga-Nya. Karena yang layak untuk dijadikan objek cita-cita hanyalah Surga.

B.     Money

Ngonten sangat besar peluang untuk mendapatkan keuntungan finansial. Sudah banyak yang membuktikan, sudah banyak testimoni. Kenapa cakmin belum? Ya karena belum pas caranya, juga belum konsisten dalam prosesnya.

Jika dianalogikan, ngonten adalah lomba lari marathon, prosenya panjang dan jarak tempuh yang tidak sedikit. Ngonten bukan lomba lari cepat, dimana walaupun kecepatan kita tinggi, tapi jarak tempuhnya pendek.

Selain kualitas, kuantitas konten juga sangat berpengaruh untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ada aturan ketat tentang SEO yang harus diterapkan dalam setiap konten.

Walaupun ini peluang, sebelum mencapai 250 konten cakmin akan mengabaikan prospektus ini dan fokus pada kebiasaan konten daripada menjadikannya target di awal-awal

C.     Money loss

Ngonten, uangmu aman. Ga ngonten uangmu hilang. Inilah prinsip dari punishment yang cakmin gunakan dalam merubah kebiasaan. Persis seperti strategi membakar kapal Thariq bin Ziyat dalam menaklukkan Spanyol. Tidak ada pilihan untuk mundur. Maju dan hadapi walaupun harus berdarah-darah dalam proses perbaikan.

Teknisnya, jika cakmin telat upload pada hari Minggu. Otomatis akan kena denda Rp. 25.000,- Dan jika hingga hari Minggu berikutnya belum dibayar nambah lagi Rp. 25.000,-

Walau sebagian besar menganggap 25ribu sedikit, bagi cakmin hal ini merupakan momok yang sangat menakutkan karena saat ini cakmin sangat membutuhkan dana untuk pengembangan usaha.

Cakmin sangat menyadari selain big why, juga ada variabel strategi (HOW) lainnya yang juga harus dilakukan. Tapi ketika sudah sangat jelas BIG WHY-nya paling tidak cakmin sudah setengah jalan untuk maka semakin mudah cakmin dalam proses pembentukan kebiasaan dalam ngonten nantinya.

Begitulah contoh STRONG BIG WHY cakmin dalam proses pengembalian kebiasaan ngonten lagi, semoga dapat istiqomah dan senantiasa berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas konten kedepannya. Dan besar harapan cakmin agar sobat mikir yang punya keinginan untuk memiliki kebiasaan baik lain juga terbantu dalam proses menemukan STRONG BIG WHY versi sobat mikir sendiri.

Kalau sobat mikir, punya target perubahan apa? Dan udah kebuka STRONG BIG WHY nya? Komen di bawah ya.

Jika menurut kamu artikel ini bagus, jangan lupa like ya? Kalau bermanfaat boleh banget di-share. Respon dari sobat mikir sangat berarti buat bahan bakar cakmin.

Related Posts

Posting Komentar