Cara Mendapat Uang dari Blog 2022

7 komentar

7 Cara Blogmu Mulai Menghasilkan

By TPj

Cara Mendapat Uang dari Blog 2022

Assalamu’alaikum sobat mikir, semoga sehat selalu sekeluarga aamiin. Hari ini cakmin akan mengulas tentang bagaimana cara mendapatkan uang dari blog terbaru tahun 2022. Sebagai catatan ya sob, konten kali ini merupakan rangkuman cakmin dalam melihat realitas bagaimana blogger maupun web administrator untuk mendapatkan uang dalam mengelola blog maupun web.

Cara Mendapat Uang dari Blog 2022 Hasil Adsense

Awalnya sih, cakmin ter-trigger dari postingan dari quorawan yang menampilkan penghasilannya dari blognya hingga 10 juta satu bulan, itu dari adsense. Wah sama kaya omzetku nih, bedanya kalau omzet itu bukan keuntungan belum dikurang biaya-biaya. Dari situ, cakmin mulai melakukan riset cara apa saja sih yang bisa digunakan untuk mendpatkan uang selain adsense. Dan berikut daftar apa saja yang bisa sobat mikir lakukan untuk mendapatkan uang dari blog.

Daftar Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Cara Mendapat Uang dari Blog 2022 7 Cara

Iklan

Seperti yang cakmin singgung diatas, cara yang paling sering diburu blogger adalah dengan iklan, dan yang pengen cakmin beritahu tuh ternyata ada jenis iklan aktif dan yang pasif. Bedanya apa cakmin? Ini sekadar penamaan dari cakmin aja ya sob, kalau ada salah mohon dikoreksi. Berikut perbedaanya:

Iklan Pasif

Jenis iklan ini yang paling populer, yaitu iklan sejenis adsense. Dimana kita hanya menyediakan tempat untuk iklan. Lalu pihak perantara iklan, akan menempatkan iklan yang sesuai dengan perhitungan/alogaritma mereka sendiri.

Sebagai catatan, selain Google adsense ternyata ada juga loh sob penyedia iklan lainnya yang bisa dijadikan alternatif jika blog sobat tidak kunjung di acc oleh pihak Google. Sobat bisa memilih penyedia seperti AdNow, MediaNet, Propeller Ads, Infolinks dan masih banyak lagi.

Syarat: traffic blog yang tinggi. Secara ya sob namanya juga iklan, mereka butuh pemirsa sehingga kalau trafficnya rendah mana ada iklan yang ngelirik buat tempatkan iklan mereka di blog kita.

Iklan Aktif

Mengapa cakmin sebut dengan iklan aktif, karena kita sendiri yang menaruhnya di blog kita. Entah di dalam post maupun di side bar, header, footer dan lain sebagainya sesuai kreatifitas sobat. Bahkan ada beberapa yang memasang iklan dengan cara pop up maupun background yang ketika kita meng-klik dimanapun langsung lari ke website lain.

Umumnya yang dipasang adalah iklan jenis pay per click, jadi kita dibayar sebanyak jumlah klik yang didapatkan. Namun sekarang juga ada jenis pay per watch, dimana kita diharuskan melihat video dengan durasi minimal sekian detik.

Syarat: Mau memasang instrumen iklan. Walaupun begitu, kembali lagi untuk mendapat hasil yang maksimal ya traffic blog kita juga harus tinggi.

Endorsement (Jualan Artikel/Konten)

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan iklan sih, tetapi seringkali ini langsung dalam satu artikel atau konten. Pemilik produk atau merk akan memesan sebuah artikel dengan syarat dan ketentuan sesuai kontrak yang diajukan. Jenis artikelnya juga ada yang soft selling tapi ada juga yang pengen hard (core) selling, intinya kita diminta memasarkan produk mereka dalam sebuah artikel.

Syarat: Traffic tinggi ditambah dengan nama blog atau author yang sudah terkenal. Salah satu cara meningkatkan popularitas ya menang event.

Jualan

Iya, kamu ga salah sob. Jualan seperti di marketplace, bedanya kalau ini kamu jualan di blog kamu sendiri. Ada juga yang lebih kekinian yaitu jualan pakai Landing Page, dimana konten untuk menumbuhkan minat menawarkan produk hingga memberikan alternatif pembayaran semuanya ada dalam satu halaman.

Produk yang dijual bisa bermacam-macam entah barang maupun jasa, bisa juga punya kita sendiri maupun produk orang lain. Intinya kita melakukan proses jual beli di blog kita jika sudah siap hingga sistem pembayaran. Namun kita bisa lempar ke marketplace jika blog kita memang belum siap hingga sistem pembayaran.

For your information ya sob, seringkali digital marketer menggunakan strategi Funnelling atau corong. Dimana mereka membagi dalam beberapa tahap dan tiap tahapnya mereka merekam data kita, agar bisa di retargeting entah dengan produk yang sama maupun produk lainnya.

Syarat: Punya Skill dasar jualan, tetapi ketika punya skill digital marketing jauh lebih baik.

Lomba/Event

Walau tidak selalu hadiahnya berupa uang, tetapi seringkali hadiahnya bisa dinilai dengan uang. Pada cara ini, syarat dan ketentuan akan dipampang jelas dan kita harus berlomba-lomba dalam membuat konten terbaik dan yang paling sesuai dengan yang event inginkan.

Syarat: Punya blog dan bisa menulis. Hehe… Emang gitu sob, biasanya terbuka untuk semua tapi kalau sobat pengen menang ya beda urusan.

Referal

Mirip dengan endorsment di atas, yang membedakan adalah kita sendiri yang melakukan iklan. Umumnya meminta pembaca untuk menginstall sebuah aplikasi hingga melakukan pendaftaran dengan menggunakan kode referal yang sobat mikir miliki dari aplikasi sebelumnya.

Enaknya dari sistem ini, biasanya baik yang mendapat referal maupun yang membagikan referal sama-sama mendapat keuntungan dari pihak pemilik produk atau aplikasi. Sehingga walau memasukkan kode referal kita mereka masih senang karena masih mendapatkan keuntungan.

Syarat: Sudah mendaftar dan kemampuan persuasi dan atau pemasaran yang dituangkan dalam sebuah konten.

Affiliate

Sedikit berbeda dengan referal, kita juga menjadi pihak pemasar. Tetapi kita cukup melempar (call to action) pembaca ke link affiliate kita. Bayaran kita berupa komisi yang akan diterima jika pembaca mau untuk melakukan pembelian produk dari affiliator.

Syarat: Mendaftar dan di ACC sebagai Affiliator, Kemampuan pemasaran yang dituangkan dalam sebuah konten.

Donasi

Yang terakhir tapi sering dilupakan adalah donasi, dimana kita juga bisa loh mengumpulkan dana secara cuma-cuma. Hal ini sering kita jumpai di Live Tiktok, maupun layanan streaming live lainnya. Kita dapat mengadaptasinya dengan memberikan link ke platofrom seperti trakteer maupun saweria jika kelompok. Atau kita bisa langsung memasang QR-code yang langsung masuk ke dompet digital kita.

Syarat: pembaca yang puas, CTA yang baik dan adanya media/widget untuk menyalurkan donasi

Selain cara di atas sebenarnya ada juga cara jualan artikel untuk dibaca seperti platform wattpad, KBS dan sejenisnya. Sengaja Cakmin tidak cantumkan di atas, dikarenakan sulit untuk diterapkan pada blog personal.

Penutup

Itulah cara yang dapat cakmin rangkum dalam Cara Mendapatkan Uang dari Blog terbaru 2022. Dengan begini bisa menjadi gambaran bagi cakmin sendiri maupun buat sobat mikir agar tidak terlalu terpaku pada Google Adsense, karena masih banyak cara yang lain untuk tetap bisa menghasilkan.

Cara Mendapat Uang dari Blog 2022 Tahapan Menulis

Mungkin cakmin sendiri masih belajar untuk bisa menghasilkan, walau begitu semangat konten kali ini bisa bermanfaat untuk sobat mikir sekalian. Assalamu’alaikum.

Related Posts

7 komentar

  1. Penasaran dengan affiliate. Boleh dibahas lebih mendalam kah cakmin? Brand atau perusahaan apa saja yg sudah menawarkan affiliate ini ke blogger..

    BalasHapus
  2. Ada banyak banget, semisal Tokopedia, Shopee, Tiktok, atau kontenku yang baru naik tentang Indomaret, investasi low budget, investasi terbaik. Insyaallah akan cakmin kupas lebih dalam

    BalasHapus
  3. Mantap. Pasti asyik ya kalau blog bisa jadi ladang penghasilan. Bikin semangat nulis artikel terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa menjadi penulis yang juga mendapatkan hasil ekonomis.

      Hapus
  4. Seru nih. Bisa jadi salah satu pintu penghasilan

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, menekuni hobi menulis dan mendapatkan keuntungan berupa uang darinya memang bonus yang harus disyukuri banget.
    Yuk, naik kelas bareng-bareng, nanti banyak spil-nya di OBS insyaAllah

    BalasHapus

Posting Komentar