Upgrade Skill Blogging di OBS (ODOP Blogger Squad)

Posting Komentar

 By. TPj

Upgrade skill blogging di obs


Assalamualaikum sobat mikir, kali ini cakmin akan berbagi bagaimana cara upgrade skill blogging cakmin. Masa iya skillnya gitu-gitu aja? Rugi lah kita.

Sebagai catatan, sebelumnya cakmin mulai dari nol, tidak tahu bagaimana nge-blog. Hanya sekadar tahu kalau kita bisa buat blog gratis, berbagi informasi, berbagi pemikiran. Tahu juga kalau ada temen cakmin yang nge-blog dengan target bikin artikel sebanyak-banyaknya. Tapi udah itu doang.

Awal Mula

Upgrade skill blogger dengan OBS awal

Perubahan Paradigma

Berawal dari perubahan paradigma, atau cara berpikir cakmin bahwa kita sebagai manusia harus bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi sesama (rahmatan lil alamin). Nah salah satunya cakmin pilih adalah informasi yang benar dan bermanfaat sob, ya lewat nge-blog ini.

Tapi ngeblog sendirian tuh sangat berat, terutama untuk konsistensi. Iya pas awal-awal bisa banget ngonten, tapi ngonten sekali hiatusnya berminggu-minggu bahkan hitungan bulan. Siapa nih yang sama kaya cakmin? Kurang stabil motivasi internalnya.

Dipertemukan Jalan

Alhamdulillah, tahun 2020 lalu cakmin bertemu dengan sebuah postingan temen yang menunjukkan dia lagi ikut kegiatan nulis di ODOP. Sebuah organisasi yang ingin para anggotanya bisa konsisten nulis satu hari satu tulisan. Tahun-tahun itu emang udah lumrah sih singkatan ODOJ (One Day One Jus) atau baca Qur’an satu jus per hari.

Dan ga pake lama, cakmin langsung gercep ikutan daftar buat masa orientasinya yang disebut OPREC. Di OPREC ini kita kaya di gembleng dengan sistem yang cukup ketat, agar kita bisa sukses ngonten konsisten tiap hari 1 artikel yang bisa kita post. Beberapa konten tentang OPREC ini udah cakmin tuangkan di judul : (New Normal, New Chalange), (Suka duka, Tim Elite ODOP bagian 1) dan (bagian 2)

Alhamdulillah, cakmin bisa lulus walaupun dengan berdarah-darah (duh lebay). Maksud Cakmin tuh penuh perjuangan. Karena selama prosesnya, sering banget mepet deadline bahkan hutang postingan lalu bayar hutang postingan agar bisa aman dan tak terdepak dari program OPREC tahun itu.

Masa kegelapan

Mungkin karena euforia sudah lulus OPREC dan ingin rehat dulu, atau fokus ke pekerjaan karena posisi keuangan sangat minus karena pandemi atau juga karena hilangnya sistem pengondisian dari eksternal (ODOP). Entah salah satu atau semua faktor di atas membuat Cakmin berhenti ngonten. Vakum, Hiatus atau apapun namanya.

Hal ini terjadi sangat lama, hingga 1 tahun ngonten sekali berupa video. Lalu tenggelam lagi. Entah kenapa sangat sulit untuk bisa konsisten, padahal cakmin tahu ini bermanfaat dan manfaatnya besar. Tapi entah kenapa selalu tumbang di tengah jalan

Padahal pak Tung Desem Waringin pernah mengatakan Goal membuat kita terarah. Strategi membuat kita mencapai arah, secara efektif dan efisien. Motivasi membuat kita untuk beraksi. Tapi Kebiasaan-lah yang membuat kita mencapai ke goal kita.

Upgrade-skill-blogging-dengan-OBS-kesuksesan

Sekarang

Dipertemukan Jalan (lagi)

Setelah sekian lama terombang-ambing tidak segera bisa konsisten. Cakmin akhirnya menyusun ulang strategi. Langkah pertama adalah menurunkan target. Jangan satu hari satu konten dulu, terlalu tinggi. Malah seperti sebelumnya kehilangan motivasi di tengah jalan.

Dan akhirnya diputuskanlah satu minggu satu konten. Alhamdulillah dengan targetan tersebut sangat realistis dengan kondisi cakmin untuk memulai dan membiasakan lagi.

Mungkin karena Allah sayang dengan cakmin, kembali lagi ketika buka grup ODOP kok ya sedang dibuka program OBS (ODOP Blogger Squad). Dimana program ini ingin menggembleng para anggota yang ingin fokus ngonten di blog agar bisa lebih baik dalam nge-blog.

Lagi-lagi cakmin ambil kesempatan mbah-e emas ini untuk membantu konsistensi ngonten yang cakmin bangun sebelumnya. Ternyata ga sia-sia sob, ga hanya konsistensi yang cakmin dapatkan di program ini, banyak banget hal lainnya yang bisa cakmin dapatkan ketkika cakmin ikut program ini.

Kenapa harus OBS

Upgrade-skill-blogging-dengan-OBS-why

Upgrade Skill Blogging

Bener banget sob, skill cakmin yang awalnya cuma bisa nulis menyampaikan hasil pemikiran. sekarang lebih luas lagi karena ketika kita nge-blog. Tidak hanya tulisan saja yang menjadi pusat perhatian. Ada variabel penyedia blog, ada variabel Google ada variabel pembaca. Semua itu diperhitungkan dan dijadikan Tugas.

Mantap ga tuh? Ketika memasukkan variabel dan dijadikan satu formula. Insyaallah skill atau kemampuan kita akan meningkat jauh daripada hanya saat “cuma bisa nulis”.

Komunitas

Selain skill dan informasi yang disampaikan di materi-materinya, di OBS cakmin dapat komunitas orang-orang yang sama-sama belum paham dan proses belajar. Di komunitas ini juga bisa membiasakan

Belajar bersama

Enaknya di OBS itu kita bisa belajar bersama, panitia bukan sumber informasi. Tapi kita sesama peserta juga memiliki informasi berbagai macam dan bisa berbagi banyak hal. Sehingga hari ini saya belajar dari panitia, ada tambahan informasi yang didapat dari peserta lain. Bahkan cakmin juga bisa beri sumbangsih tentang informasi yang cakmin punya ke komunitas.

Gratis

Yang paling gendeng dari semuanya, semua hal baik di atas bisa didapatkan secara gratis sob. Mantap ga tuh? Kita cukup modal semangat, mau praktek dan berkarya. Udah itu doang. Jadinya rugi banget kalau sampai kita terdepak karena ga lolos program ini.

Penutup

Begitulah sobat mikir sekalian, bagaimana cara cakmin untuk Upgrade Skill Bloggin yaitu lewat OBS yang merupakan program ODOP. Kalau kamu juga pengen bisa upgrade skill kaya cakmin, pastinya harus jadi anggota ODOP dulu ya sob. Lewati proses OPREC dulu kaya cakmin.

Walau belum dibuka, kamu cukup klik link di bawah ini dan mengisi data diri kamu untuk mendapatkan informasi pertama jika program OPREC ODOP dibuka lagi. Terima kasih sobat sudah membaca sampai akhir, semoga informasi yang cakmin berikan bisa bermanfaat. Assalamualaikum.

Related Posts

Posting Komentar