Cara Membuat Website Gratis untuk UMKM

9 komentar

By. TPj

Assalamualaikum sobat mikir, kali ini cakmin akan membuat tutorial tentang cara membuat website gratis untuk UMKM. Kenapa cakmin mengangkat ini? Karena website merupakan salah satu kebutuhan utama di era Digital masa kini. Dengan jumlah masyarakat pengguna internet yang semakin berkembang, jika kita telat masuk untuk dunia Digital maka telat pula kesempatan kita untuk mengembangkan usaha kita.

“Tapi cakmin, usahaku kan cuma nasi pecel, gorengan dan sejenisnya. Masa ya butuh di online-kan?” Ya kalau pengennya rejekinya segitu-segitu aja ya silahkan dengan cara lama. Tetapi jika kita memiliki mindset pengusaha dan bukan sekadar pedagang, pasti ingin pengembangan usaha secara terus menerus. Entah menarget pasar yang lebih luas, maupun membuka cabang dengan rekanan.

Fungsi Website untuk UMKM

Tahu ga sob? Website bisa kita jadikan etalase dari usaha kita, dengan etalase yang bagus kita bisa memanfaatkan pasar kita baik konsumen maupun calon partner yang kita sasar agar dapat mengembangkan usaha kita to the next level.

Cara Membuat Website Gratis

Sebenarnya ada banyak sekali link maker yang bisa kita gunakan untuk membuat website gratis, namun kali ini cakmin akan menggunakan website bit.ly yang menurut cakmin fiturnya cukup lengkap untuk dijadikan sebagai website kita.

Agar cepat prosesnya, di sini cakmin akan menggunakan video agar lebih mudah untuk diikuti. Dan langsung dipraktekkan oleh sobat mikir sekalian. Sebagai catatan, kali ini cakmin menggunakan media HP agar mudah diikuti oleh sobat mikir sekalian.

Cara Mendaftar Akun Bitly



Mempersiapkan Informasi yang Akan dimasukkan ke Web

1. Mengumpulkan Link dari seluruh akun Sosial Media kita.

Pada langkah ini, jangan lupa mendata seluruh link dari sosial media yang kita gunakan untuk melakukan branding produk entah dari FB, IG, Twitter, dan seluruh tempat marketplace yang sobat mikir gunakan.

2. Membuat Kustom Chat untuk ke WA kita.

Sebagai tambahan, untuk menangkap maksud orang chat ke kita. Kita menggunakan lebih dari satu tombol untuk WA dengan sudah dikustomisasi terlebih dahulu. Berikut langkahnya:



Membuat dan Mengedit Tampilan Website Kita



Pentutup

Itulah cara bagaimana membuat website gratis untuk UMKM. Semoga semua dari kita selangkah lebih maju untuk dapat membuat usaha kita dapat berkembang menjadi lebih maju.

Kalau kamu ada pertanyaan dan atau ada yang ingin di diskusikan, yuk komentar di bawah ya sob.

Related Posts

9 komentar

  1. Dengan kenal dunia digital semoga UMKM kita lebih maju untuk dapat membuat usaha makin berkembang menjadi lebih maju.

    BalasHapus
  2. Perkembangan teknologi memang berdampak banget untuk dunia bisnis dan usaha, ya. Tulisan ini cocok banget nih dibaca sama pelaku UMKM yang mau bikin website untuk mengembangkan usahanya.

    BalasHapus
  3. UMKM makin keren nih jika sudah terpapar dunia digital seperti ini. Memberi peluang penjualan lebih luas dan lebih banyak

    BalasHapus
  4. Makasih Cakmin tutorial ya. Ini membantu saya. Semoga pelaku UMKM lain makin melek digital juga, biar UMKM lebih maju.

    BalasHapus
  5. Asik banget nie. Dunia digital bikin UMKM semakin maju. Tinggal gugling, lngsng pada muncul deh. Kebetulan aku termasuk pecinta produk2 lokal. Ayok semangat maju UMKM ...

    BalasHapus
  6. Wah ternyata ada cara sendiri untuk mengembangkan usaha di ranah digital. Aku sendiri pernah lihat salah satu usaha yang menggunakan website juga sebagai branding dan etalase, aku suka dan bisa mudah juga untuk melihat produk atau sesuatu yang dijualkan.

    BalasHapus
  7. seneng ya, bisa mengembangkan umkm lebih dikenal dan pasarnya jadi makiluas kalau dibuatkan websitenya :)

    BalasHapus
  8. UMKM pun butuh bisnisnya terekam di internet yaa Cak, soalnya kalau ngga ya akan tergerus sama zaman ya ngga sih? Semangatt maju teruss!

    BalasHapus
  9. Digitalisasi ekonomi dengan digitalisasi UMKM bisa membuat UMKM makin naik kelas, dan tentunya menjadikan UMKM makin luas pasar untuk produknya

    BalasHapus

Posting Komentar