Cara Menjadi Pahlawan di Hari Pahlawan

24 komentar

Sejarah Hari Pahlawan, Definisi Pahlawan dan Cara Menjadi Pahlawan di Masa Kini

By. TPj

Asslamualaikum sobat mikir, tanggal 10 November nih tadi ikut upacara ya? Kalau iya, berarti kamu masih pelajar atau guru dan staff yang ada di sekolah. Cakmin juga ingat kok tiap tanggal 10 November selalu ada Upacara Bendera, tapi pidato pemimpin upacara terasa angin lalu. Secara ya sob, kalau upacara kan hal yang dihindari karena kita harus berdiri di lapangan dan berpanas-panas ria. Berasa sedang dihukum dengan cara dijemur.

Tapi nih ya sob, kalau cakmin sekarang agak sedikit berbeda memaknai hari pahlawan ini. Mengapa sih kita harus memperingati tiap tahunnya, pentingnya apa? Mungkin hal ini sudah pernah dibahas sama Pemimpin Upacara, tetapi rata-rata lupa karena masuk telinga kanan keluar telinga kiri. Hehehe

Oleh karenanya, cakmin kali ini akan membahas tentang Hari Pahlawan ini lebih mendalam, agar kita lebih bisa menghargai dan harapannya bisa meneruskan perjuangan pahlawan kita. Dan yang akan cakmin bahas adalah:

- Sejarah Hari Pahlawan, agar kita paham benar tujuan mengapa kita harus memperingatinya setiap tahun.

- Definisi Pahlawan, agar kita dapat membedakan mana yang disebut pahlawan dan bukan.

- Bagaimana Cara Menjadi Pahlawan, agar kita tidak hanya sekadar mengagumi para pahlawan. Lebih-lebih kita bisa meneruskan perjuangan mereka dengan ikut menjadi pahlawan.

Sejarah Hari Pahlawan

Sebenarnya nih sob, tanggal 10 November 1945 kan bertepatan dengan proses Bung Tomo bersama arek-arek Suroboyo melawan tentara sekutu yang tidak terima kita merdeka. Kita di Ultimatum untuk menyerahkan senjata pada tentara sekutu agar kembali bisa dijajah oleh mereka. Tidak terima dong, lha wong kita sudah merdeka. Enak aja disuruh jadi bangsa terjajah lagi, pecahlah perang mempertahankan kemerdekaan itu.

Nah, padahal peristiwa perang untuk mempertahankan kemerdekaan kan bukan hanya di Surabaya. Di Bandung misal, malah terkenal karena dibakar seluruh kota agar infrastruktur kotanya tidak dapat digunakan oleh pihak sekutu. Yogyakarta, dan masih banyak lagi di wilayah lainnya.

Tokoh-tokoh pahlawan juga sebenarnya tidak hanya orang-orang yang mempertahankan kemerdekaan. Tokoh yang memperjuangkan untuk merebut kemerdekaan juga tak kalah banyak. Tapi kenapa di tanggal 10 November? Kalau cakmin coba pahami, antara urgensi agar anak cucu bangsa Indonesia masih bisa mengingat jasa para pahlawan. Tak masalah kapanpun itu, cukup ambil salah satu peristiwa yang mewakili, di-rapel-lah jadi satu agar bisa khusus mengingat jasa-jasa para pahlawan.

Kenapa tidak peristiwa sebelum kemerdekaan? Karena fokusnya presiden Soekarno saat itu, ya mempertahankan kemerdekaan dan masih fresh akhirnya disahkanlah Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Sehingga, mengapa kita memperingati hari pahlawan?

Agar kita senantiasa ingat jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan mereka.

Definisi Pahlawan

Menrut KBBI definisinya adalah “orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani”. Namun jika kita hubungkan dengan penggunaan kata pahlawan saat ini ada beberapa seperti Pahlawan Nasional, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa dan Pahlawan Ekonomi yang diangkat sebagai program oleh Bu Risma.

Kalau cakmin ambil kesimpulan bahwa kesamaan dari ketiganya adalah adanya proses Usaha atau Perjuangan dan dampaknya pada Masyarakat. Pahlawan Nasional berusaha dengan peperangan agar masyarakat Indonesia bisa merdeka. Guru berjuang untuk memberikan kecerdasan anak bangsa, ketika siswa sukses akan dapat menjadi SDM unggul dan ikut membangun masyarakat.

Sedangkan Pahlawan Ekonomi atau pengusaha bisa paling tidak mengangkat ekonomi diri sendiri (agar tidak menjadi penjahat di masyarakat karena tuna karya), keluarga, atau bahkan keluarga lain jika mengngkat karyawan. Belum lagi ditinjau dari kebermanfaatan dari produk/jasa yang diperdagangkan bagi masyarakat, jika memberi manfaat maka juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Sehingga jelas, bahwa pahlawan bisa siapa saja yang berusaha sedemikian rupa agar bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat

Bagaimana Cara Menjadi Pahlawan

Karena definisi pahlawan yang sebenarnya bisa dicapai oleh siapapun, maka idealnya kita bisa menjadi pahlawan yang bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarkat. Berikut cakmin cantumkan beberapa cara agar kita bisa menjadi pahlawan di masa kini.

Cara Langsung

Maksimal Berkarya di Karir Kita

Kamu ga salah baca sob, karena karir yang kita geluti sekarang apapun bidangnya, diposisi apapun kita berada. Jika perusahaan yang kita ikuti memberikan kemaslahatan dengan produk yang dijualnya, dan kita turut andil memberi kontribusi besar di dalam organisasi tersebut. Kita juga bisa dikatakan pahlawan.

Sama halnya dengan yang self employed maupun profesi tertentu-pun kita akan tetap bisa menjadi pahlawan dengan maksimal memberikan usaha kita agar kita dapat membantu orang lain dengan apa yang kita kerjakan lewat pekerjaan kita. 

Semakin besar skill dan kontribusi yang kita miliki, semakin besar pula yang akan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Jadi terus upgrade diri agar semakin maksimal dalam berkarya ya sob.

Uang adalah salah satu dampak dari upaya kita membantu orang lain. -Tung Desem Waringin-

Niatkan untuk Kebaikan

Ketika di poin cakmin sebelumnya adalah pada kualitas dan totalitas dalam berkarya, maka di poin ini ingin menekankan pada “kita juga harus punya kompas moral”. Bahwa tidak segala cara bisa digunakan dalam bekerja dan berkarya, janganlah menggunakan cara-cara yang tidak baik apalagi dapat merugikan dan mencelakakan orang lain seperti memfitnah, berbohong, mencelakai, dan lain sebagainya.

Ketika tujuannya benar, cara yang digunakan benar, dan kita maksimal dalam melakukannya. Hal ini akan memberikan kita nilai tertinggi yang dapat menjadikan kita sebagai pahlawan kekinian. Terlepas akan terliput media dan menjadi viral ataupun tidak, percayalah bahwa kita adalah pahlawan.

Cara Tak Langsung

Jika sebelumnya cakmin membahas cara langsung apa saja yang bisa kita lakukan untuk menjadi pahlawan. Maka berikut adalah hal-hal yang bisa kita lakukan secara tidak langsung dapat menjadikan kita sebagai pahlawan kekinian.

Membayar Pajak & Kewajiban Lainnya dalam Menjadi Warga Negara

Dengan kita taat melaporkan SPT dan membayar pajak, secara tidak langsung kita berkontribusi untuk kemaslahatan bangsa. Karena sekarang mana ada program pembangunan tanpa menggunakan dana? Bahkan membangun skala Karang Taruna RT-pun minimal butuh konsumsi dan jika kita mengkonversikan tenaga, pikiran dan waktu anggotanya ke dana juga akan fantastis.

Hal ini juga berlaku dengan program-program pemerintah lainnya yang butuh partisipasi dari warganya seperti ikut andil dalam pemilihan pemimpin.

Membeli Obligasi

Akhir-akhir ini negara beberapa kali mengeluarkan surat Obligasi, bagi yang belum tahu obligasi adalah surat hutang yang dikeluarkan oleh Negara. Kalau sebelumnya kita tahunya Indonesia berhutang di Negara A sekian T, Negara B sekian T dst. Ini negara mengeluarkan surat hutang yang inginnya hutang pada rakyatnya sendiri.

Nantinya uang tersebut akan digunakan untuk dana pembangunan yang otomatis akan berdampak pada kemaslahatan masyarakat. Bagi kita yang memiliki dana juga mendapatkan keuntungan karena kita akan mendapatkan bunga dari pinjaman tersebut.

Berita gembira, karena akhir tahun ini Pemerintah sekali lagi mengeluarkan Produk Obligasi terakhir di tahun ini. Obligasi kali ini bernama Sukuk Tabungan (ST009) dimana bunga minimal ditetapkan 6,15% jauh diatas bunga Deposito yang hanya 5,5%. Dan hebatnya lagi, sifatnya foloating with the floor. Artinya jika suku bunga naik maka cuannya juga ikut naik.

Jadi bagi kalian yang punya dana tidur jangan dibiarin tidur lama-lama ya sob. Karena Islam juga tidak suka uang nganggur, enak aja kita kerja keras uang kita enak-enakan tidur. Lebih baik, disuruh untuk ikutan kerja apalagi bantu negara juga.

Belinya dimana?

Sekarang jamannya sudah canggih, ada aplikasi investasi yang cocok bagi pemula yang bernama BIBIT yang sudah dibawah pengawasan OJK. Tinggal download, registrasi, pilih produk ST009, tinggal transfer deh. Semudah kita beli di Online Shop sob.

Jangan lupa, pas registrasi masukkan juga kode referal cakmin ya : tpjminds

Agar cakmin semakin semangat memberi info yang berguna bagi sobat mikir sekalian kedepannya.

Penutup

Gimana nih sob? Sudah tahu kan Cara Menjadi Pahlawan di Hari Pahlawan? Eh, ga hanya di hari pahlawan saja sih, tapi setiap hari kita harusnya jadi pahlawan. Semoga kita tetap bisa istiqomah dalam memberi manfaat bagi sekitar.

Kalau menurutmu gimana sob? Bagaimana lagi ya cara untuk menjadi pahlawan? Yuk diskusi di kolom komentar.

Related Posts

24 komentar

  1. menjadi pahlawan dengan cara yang sederhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaan sederhana dan luar biasa hanyalah di besar tidaknya upaya dan totalitas dalam menjalankannya. Walau suatu pekerjaan dianggap sepele, tetapi ketika dikerjakan dengan sungguh-sungguh dengan niat yang baik insyaAllah bisa dinilai sebagai pahlawan.

      Hapus
    2. Bukanlah sesuatu yang sederhana jika kita mager buat ngelakuinnya. Hehehe...

      Hapus
    3. Hehehe... Memang tantangan terbesar itu dari dalam/diri sendiri, terutama untuk bisa konsisten

      Hapus
  2. Asikk... Sekarang investor SBSN bisa dianggap pahlawan juga yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama berdampak positif bagi masyarakat luas

      Hapus
  3. rupanya kita bisa jadi pahlawan untuk diri kita sendiri ya, termasuk soal keuangan nih, memerdekakan finansial dengan beragam investasi untuk masa depan bisa jadi pilihan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, semua hal besar dimulai dari yang kecil dahulu.

      Hapus
  4. Wahh belum cobain yang SBN syariah ini mas, kira2 kalau tahun depan baru dimulai aman ngga ya? Aman untuk keuangan di tengah resesi maksudnya >.< tp semoga aja ngga ada resesi sih yaa, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tujuan investasi di SBN Indonesia, insyaallah masih aman. Karena Cakmin yakin kalau Indonesia kecil kemungkinan untuk gagal bayar atau sampai bangkrut

      Hapus
  5. Asiiik bisa bisa jadi pahlawan walau sebatas pada diri sendiri. Setidaknya begitulah cara mencintai diri sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika diri sudah sehat baik fisik & mental. Berkarya untuk memberikan manfaat bagi sekitar akan lebih mudah

      Hapus
  6. Berinvestasi juga sama aja sudah menjadi pahlawan, setidaknya untuk diri sendiri. 🔥

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tujuan investasi juga harus diperhitungkan. Misal ke usaha minuman keras maslahat akan dikalahkan oleh nilai mudharat

      Hapus
  7. Jadi inget bentar lagi mau harus lapor SPT Kan. Ini juga Cara jadi pahlawan.. Setuju banget. Btw, lagi mempelajari bibit buat beli RDPU sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo lapor SPT! Reksadana Pasar Uang termasuk investasi low risk

      Hapus
  8. Dengan membayar pajak tepat waktu, kita bisa jadi pahlawan.
    Semoga dikelola dengan baik, pajaknya ya, supaya pembangunan di negeri ini bisa merata 😇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, semoga tiada dana yang masuk kantong pribadi.

      Hapus
  9. Setuju, maksimal berkarya dengan apa yg kita bisa, hal sekecil apapun bisa jadi pahlawan. Semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, selama tujuan akhirnya kebaikan masyarakat luas, sesuatu yang kecil-pun akan menjadi besar jika ditambah dengan konsistensi

      Hapus
  10. Bener banget sob, diawali jadi pahlawan kecil, dilanjutkan dengan konsistensi agar bisa memberi manfaat yang lebih besar.

    BalasHapus
  11. Menjadi pahlawan emang banyak ragam cara, ya, Kak. Intinya apapun cara yang ditempuh selagi berdampak baik maka lakukan dengan ikhlas, ya, kan.

    BalasHapus
  12. Tertarik buat main saham, namun belim paham benar bagaimana cara mainnya. Harus belajar dulu.

    BalasHapus

Posting Komentar