Review Keyboard Portable Bluetooth Taffware KM78D

Posting Komentar

By. TPj

Assalamualaikum Sobat Mikir sekalian, gimana kabarnya? Cakmin doakan sehat selalu sekeluarga (aamiin)

“Permisiii~ Pakeeet” siapa sih yang ga girang pas denger ada suara mas-mas kurir datang bawa pesanan kita? Ini juga yang barusan terjadi sama cakmin sob, paket cakmin baru datang. Isinya Keyboard Bluetooth yang beberapa waktu lalu cakmin pesan karena harus mengalah karena laptopnya dipakai kerja bojo.

Jadilah sekalian aja cakmin buat artikel tentang review keyboard Bluetooth merk taffware tipe KM78D ini. Sebenernya gimana-gimana emang lebih enak ketik di PC atau laptop sih sob. Bagaimanapun selain memang udah familiar, ukurannya juga lebih besar, sangat sesuai dengan jari cakmin yang ukurannya kaya jempol semua. Hehe...

Sebenarnya lebih nyaman pakai laptop sih sob, tapi mau bagaimana lagi. Karena emang urusan dia lebih prioritas sob, karena urusan dengan konsumen yang sedang pesan undangan. Pesanan sebelumnya belum sempat selesai, eh udah main tambah baru aja orderannya barusan.

Sip lah, ikutan seneng kalau usaha bojo semakin maju. Kita maju sama-sama ya bojo, tar kalau kamu lebih banyak duitnya boleh dipinjem kan? Hihihi Back to the topic, langsung aja yuk kita ulas gimana “keyboard (mini) Bluetooth” ini.

Spesifikasi Keyboard Portable Bluetooth Taffware KM78D


Berikut cakmin cantumkan spesifikasi detail dari gadget yang kita bahas kali ini. 
  • Merk : taffware
  • Type : KM78D
  • Harga : ± Rp. 70.000
  • Dimensi : 20 x 12.5 x 0.6 cm
  • Kapasitas Baterai : 150mAh
  • Koneksi : Bluetooth V 3.0 (wireless)
  • Jumlah keys : 60pcs keystroke, 1 switch on-off, 1 Connecting key
  • Parts : Keyboard Bluetooth, Kabel USB (charge), buku petunjuk (berbahasa Jepang)
  • Compatible : Android, Laptop/PC, iOS (semua yang support dengan Bluetooth)

Review Jujur Keyboard Portable Bluetooth Taffware KM78D

Ukuran mini & slim

Untuk segi ukuran, bisa masuk keunggulan di sisi portable/mudah untuk dibawa kemana-mana. Kita sebagai pengguna akan sangat terbantu karena ukuran yang mini ini, karena tidak membutuhkan ruang yang besar dalam penyimpanannya.

Namun bukan berarti tak ada kekurangan, dengan ukuran mini dan slim ini juga cakmin berasa takut kalau membawa sembarangan. Karena besar potensi untuk dapat patah saat tertekan benda lebih berat dan kuat.

Seperti disinggung diatas juga, ukuran yang kecil juga menjadi kelemahan. Khususnya pengguna dengan jari yang besar seperti cakmin. Namun hal ini memang butuh penyesuaian di awal saja, ketika sudah terbiasa maka tidak akan menjadi masalah lagi. 

Tata letak simbol yang berbeda

Dengan jumlah key button yang hanya 60pcs, hal ini membuat sang produsen berpikir keras untuk memasukkan semua tanda simbol yang umum digunakan dalam proses pengetikan. Akan tetapi juga tidak meninggalkan fungsi utama tombol ketik itu sendiri.

Dari segi posisi alfabet menggunakan sistem QWERTY sistem yang umum digunakan PC dan laptop di negara kita. Menjadi masalah adalah di penempatan simbol yang berbeda. 

Cakmin memang mengetahui ada perbedaan antara keyboard PC dengan Laptop, namun cakmin sudah terbiasa di keduanya. Namun sepertinya harus membiasakan diri lagi karena

Slim seperti keyboard laptop

Alih-alih menggunakan sistem keyboard silicon, Taffware menggunakan model yang mendekati keyboard laptop. Dimana tiap key tidak menjulang tinggi atau dengan ketebalan yang minimalis, sehingga ada sensasi seperti mengetik di keyboard laptop jika menggunakan KM78D ini.

Menurut saya ini menjadi nilai plus untuk model ini, karena totalitas menggunakan konsep “mini”nya mengadaptasi keyboard laptop untuk dijadikan sebagai desain tiap key yang ada di keyboard ini.

Baterai tanam + USB port

Pertimbangan kedua setelah harga adalah variabel baterai tanam/recharegable inilah yang menjadi variabel penting dalam proses pemilihan keyboard kemarin. Dengan spesifikasi 150mAh ditambah dengan fitur autosleep membuat daya tahan dari keyboard ini sangat lama.

Sebagai perbandingan, cakmin juga punya mouse bluetooth menggunakan baterai AAA. Namun ketika digunakan untuk keperluan harian ternyata sangat boros, apalagi ketika digunakan untuk main game.

Oleh karenanya, cakmin sangat suka dengan fitur baterai tanam ini. Karena sangat mudah untuk di charge ulang agar tidak boros untuk membeli baterai lagi. 

Auto Charging cutoff

Fitur ini adalah ketika kita mengisi daya sebuah perangkat, ketika full akan terputus dengan sendirinya. Hal ini sangat bermanfaat, dikarenakan cakmin pernah punya lampu darurat dengan baterai tanam tetapi tidak memiliki fitur ini.

Suatu ketika mengisi daya cakmin lupa untuk mencabut daya ketika penuh. Alhasil meledaklah baterai tanam dan tidak dapat digunakan kembali. Itulah pentingnya fitur Auto Charging cutoff

Cordless

Dengan tanpa adanya kabel kita bisa menaruh dimanapun posisi HP dan posisi keyboard loh sob. Tak bingung lagi deh dengan problem kabel kusut saat masuk di dalam tas. Tinggal hidupin bluetooth sudah langsung bisa dihubungkan dengan perangkat kita.

Autosleep

Auto sleep adalah fitur keyboar akan otomatis dalam keadaan standby ketika tidak ada kegiatan dalam waktu yang tertentu. tujuannya adalah menghemat penggunaan baterai, 

ternyata ada fitur autosleepnya juga. Hal ini cakmin ketahui saat proses mengetik dan ditinggal urusan lain. Tak ada indikator sama sekali yang menyala, ternyata posisi sleep.

Cara Menghubungkan

Berikut langkah-langkah yang harus sobat mikir lakukan untuk menghubungakan keyboard ini dengan perangkat bluetooth sobat sekalian.

1. Switch On Keyboard

2. Klik tombol CONNECT di Keyboard

3. Di perangkat yang ingin gunakan, hidupkan bluetooth

4. Masuk setting bluetooth

5. Pair/Add New Device

6. Pilih Bluetooth 3.0 Keyboard, 

7. Pair

Selamat kamu sudah bisa ketik pakai keyboard ini di Device kamu sob. Cakmin sudah mencoba menghubungkan di Xiaomi Note 4 dan Infinix Hot 8, Infinix Hot 9, serta Infinix Hot 10 Play semuanya terpantau lancar.  

Penutup

Itulah review cakmin terhadap keyboard portable bluetooth Taffware model KM78D ini, tidak hanya fokus pada kelebihan, cakmin juga menyampaikan sisi negatifnya secara objektif. Semoga dapat membantu sobat mikir yang ingin membeli keyboard bluetooth kedepannya.

Kalau kamu bagaimana sob? Apa sudah pernah mencoba 

 

Related Posts

Posting Komentar